Sumber Belajar memiliki enam jenis yaitu
(1) pesan (message) yang meliputi pesan formal dan nonformal (2) orang (people)
yang secara umum dapat dibagi dua
kelompok yaitu kelompok orang yang didesain khusus sebagai sebagai
sumber belajar utama, kelompok yang kedua adalah orang yang memiliki profesi selain
tenaga yang berada dilingkungan pendidikan dan profesinya tidak terbatas (3)
bahan (matterials) yaitu merupakan suatu format yang digunakan untuk
menyimpan pesan pembelajaran (4) alat (device) berupa benda-benda yang
berbentuk fisik, sering disebut juga dengan perangkat keras (hardware)
(5) teknik yaitu cara (prosedur) yang digunakan orang dalam memberikan
pembelajaran guna tercapai tujuan pembelajaran (6) latar (setting) yaitu
lingkungan yang ada didalam sekolah maupun lingkungan yang ada diluar sekolah,
baik yang sengaja dirancang maupun yang tidak secara khusus disiapkan untuk
pembelajaran.
Media merupan wadah dari pesan yang oleh
sumber pesan ataupun penyalurnya ingin diteruskan kepada sasaran atau penerima
pesan tersebut.
Media Pembelajaran adalah berperan
sebagai wahana penyalur pesan atau informasi belajar sehingga mengkondisikan
seseorang untuk belajar.
Sejumlah pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang tepat
dapat kita rumuskan dalam satu kata ACTION yaitu akronim dari access, cost, tehnology, organization,
dan novelty.
Internet adalah sebuah jaringan global
yang merupakan kumpulan dari jaringan-jaringan computer diseluruh dunia.
Internet mempermudah para pemakainya untuk mendapatkan informasi-informasi di
dunia cyber, lembaga-lembaga milik pemerintah dan institusi pendidikan dengan
menggunakan komunikasi protocol yang terdapat pada computer.
Pembelajaran adalah suatu proses
kegiatan yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan perilaku
yang baru secara keseluruhan sebagai hasil dari pengalamannya sendiri dalam
berinteraksi dengan lingkungan.
Perencanaan Pembelajaran (deign
insrtuctional) adalah merupakan penjabaran oprasional dari kurikulum
sedangkan aplikasi dari perencanaaan akan terlihat dalam kegiatan pembelajaran.
Perenceanaan pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam proses
pembelajaran, terutama sebagai alat proyeksi kegiatan-kegiatan yang akan
dilakukan selama pembelajaran. fungsi perencanaan pembelajaran sebagi pedoman
atau panduan kegiatan, menggambarkan hasil yang akan dicapai sebagai alat
control dan evaluasi. Bentuk perencanaan pembelajaran adalah silabus
pembelajaran dan rencana pelaksanaan pembelajaran.
*Sumber : Rusman, Glosarium, Manajemen Kurikulum, Jakarta : Rajawali
Pers, 2009
0 Komentar