Jumat, 01 Oktober 2010

Mengajar Adalah Seni

”Ilmu adalah seni dan mengajar adalah seni tersendiri”.
Mengajar merupakan seni untuk mentransfer ilmu pengetahuan, keterampilan serta nilai-nilai yang diarahkan oleh nilai-nilai pendidikan, kebutuhan-kebutuhan individu siswa, kondisi lingkungan, dan keyakinan yang dimiliki oleh guru.

Mengajar hanya dapat dilakukan dengan baik dan benar oleh seseorang yang telah melewati pendidikan tertentu yang memang dirancang untukmempersiapkan tenaga pendidik atau guru atau dengan kata lain mengajar merupakan suatu profesi.

Dalam proses belajar mengajar guru adalah orang yang akan mengembangkan suasana bebas bagi siswa untuk mengkaji apa yang menarik, mengekspresikan ide-ide dan kreatifitasnya dalam batas norma-norma yang ditegakkan secara konsisten.

Selain dari itu guru juga akan berperan sebagai model bagi siswanya, kebesaran jiwa, wawasan dan pengetahuan guru terhadap perkembangan masyarakat akan mengantarkan siswanya untuk dapat berpikir melewati batas-batas kekinian, berpikir untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.

Dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru akan dihadapkan pada berbagai problem yang muncul dan sebagian besar problem tersebut harus segera dipecahkan oleh guru itu sendiri pada waktu itu pula. Sebagai konsekuensinya yang akan dilakukan oleh guru tidak munkin dapat dirumuskan dalam suatu prosedur yang baku.

Agar proses transfer ilmu pengetahuan tersebut berlangsung dengan lancer, maka seorang pendidik atau guru harus melakuakan tiga hal sebagai berikut : a)guru harus mampu menggerakkan, membangkitkan, dan menggabungkan seluruh kemampuan yang dimiliki siswa. b) guru harus menjadikan apa yang di transfer menjadi sesuatu yang menantang diri siswa, sehingga muncul motivasi pada diri siswa untuk tertarik mempelajarinya. c)seorang guru harus mengkaji secara mendalam materi-materi yang ditransfer sehingga menimbulkan keterkaitan dengan pengetahuan yang lain.

Tidak ada komentar: