Telusuri

Kamus Saku Firdaus Buah Karya Putra Daerah Pamekasan

Adalah Waris, putra daerah asal Kadur Pamekasan yang kini aktif di bidang pendidikan di Lamongan Jawa Timur kembali mewarnai dunia literasi. Kiprahnya menjadi catatan sejarah dalam dunia pendidikan. Ketekunannya dalam mengajar bidang bahasa inggris membuatnya terus berinovasi guna mengatasi temuan-temuan problematika dalam dunia pendidikan. Sekecil apapun permasalahan peserta didik yang ia temukan menjadi catatan kecil baginya, sehingga dari temuan itu diramu metode-metode mendidik yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Waris yang konsen di bidang bahasa inggris berkolaborasi dengan sahabatnya yang juga aktif di bidang pendidikan dengan fokus bidang bahasa arab, Ahmad Luthfi. Keduanya bergerak aktif melalui riset-riset di kelas yang mereka mengajar, hingga akhirnya ditemukanlah problem peserta didik dan diramu metode-metode yang dapat mempermudah peserta didik dalam belajar. Alhasil diterbitkanlah gagasannya dalam bentuk buku berupa kamus saku tiga bahasa bernama Firdaus.

Kamus yang diterbitkan penerbit Khattulistiwa tersebut dibuat sedemikian rupa, sehingga bisa memudahkan bagi pembaca mencari kosa kata dengan cepat. Sehingga pada gilirannya akan mendorong siswa punya kemampuan berbahasa Arab dan Inggris serta bahasa Indonesia secara otomatis. Bahkan, bila sudah jadi kebiasaan, maka akan sangat memungkinkan bagi siswa untuk berbicara atau conversation dengan cepat, baik bahasa Arab maupun Inggris.

Keunggulan kamus Firdaus yang disusunnya adalah kosa katanya mudah dicari  dan diingat. Selain disusun secara tematik dan diurutkan berdasarkan abjad, kamus ini juga dilengkapi kumpulan sinonim dan antonim. Jadi siapa pun yang membuka kamus tersebut akan bisa tahu perbendaharaan kata dan bahasa sekitar tema, sehingga bisa dipakai bahan percakapan atau conversation.
Tidak hanya itu, kamus tersebut juga dilengkapi dengan ungkapan-ungkapan pendek (sort expression) dan kumpulan peribahasa. Juga dilengkapi gambar agar tidak membosankan dan sangat cocok untuk anak-anak karena menarik.
Waris merupakan salah satu alumni Sekolah Menengah Atas (SMA) Al-Falah yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan. Waris berharap dengan hadirnya kamus Firdaus tersebut dapat membantu dan memudahkan peserta didik pada semua jenjang dalam belajar, khususnya dalam menekuni tiga bahasa dengan rupiah yang sangat terjangkau oleh para orang tua.[]

Posting Komentar

0 Komentar