Telusuri

Gadget bagi Anak, Puji Hariyanti : Orang Tua Harus Membatasi


"Kalau dilarang sama sekali gadget kepada anak-anak maka itu hal yang mustahil, karena anak-anak kita sekarang hidup di jaman yang serba digital. Lalu yang bisa dilakukan oleh orangtua apa? Yaitu membatasi." 

Demikian disampaikan Puji Hariyanti, S.Sos., M.I.Kom, dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia (UII) pada kegiatan Seminar Untung dan Ruginya Gadget bagi Anak. (Sabtu, 11 November 2017).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta diikuti oleh ratusan peserta dari wali murid sekolah tersebut.


Dalam paparannya, Puji Harianti menyampaikan bahwa harus ada dialog antara orang tua dan anak dalam penggunaan Gadget.


"Harus ada dialog antara orangtua dengan anak. Kapan waktu mereka boleh memegang gadget dan kapan mereka tidak boleh memegangnya. Misalnya sehari dibatasi 30 menit, maka selebihnya orangtua harus istikomah tidak memberikan gadget setelah anak memakai waktu 30 menit itu."  Jelas Puji.


Selain itu, Puji juga menyampaikan beberapa bahaya gadget yang harus diwaspadai oleh orang tua, di antaranya susah tidur, gangguan kesehatan mata, konsentrasi pendek atau pelupa, kurang sosialisasi, kecanduan, terkena radiasi sehingga kekebalan tubuh berkurang, pornografi, menurunnya prestasi belajar, perkembangan fisik, sosial, otak

"Jika hal-hal di atas sudah dirasa membahayakan bagi anak-anak, maka kewajiban bagi orangtua adalah memutus ketergantungan gadget ini." Himbau Puji kepada para orang tua.

Editor : Subliyanto

Posting Komentar

0 Komentar