Telusuri

Hadiah Terbaik Buat Orang Tua

Oleh : Subliyanto*

Pada suatu kesempatan setelah shalat maghrib seorang guru bertanya kepada muridnya. "Siapa diantara adik-adik yang ingin membantu orang tuanya ?

Mendengar pertanyaan itu sontak semua murid yang sedang bersamanya mengacungkan tangannya seraya berkata "Saya pak guru".

Kemudian, guru itu melanjutkan pertanyaannya, "Bantuan apa yang ingin adik-adik berikan kepada orang tuanya ?

Beragam jawaban polos dari muridnya terlontar merespon pertanyaan gurunya. Dan rata-rata dari jawaban mereka adalah ingin membuat orang tuanya bahagia.
****
Dialog singkat di atas setidaknya menjadi pengingat buat kita bahwa membahagiakan orang tua merupakan impian semua manusia, karena mereka adalah guru pertama kita.

Tentu kebahagiaan yang harus kita upayakan buat mereka tidak hanya kebahagiaan dunia semata, akan tetapi kebahagiaan akhirat juga menjadi skala prioritas, karena disanalah kehidupan yang hakiki.

Hadiah terbaik buat orang tua kita adalah menjadikan diri kita sebagai anak yang shaleh dan shalehah, yakni orang yang senantiasa selalu dalam kebaikan, karena anak yang shaleh dan shalehah adalah harapan dan impian semua orang tua. Belajar dan beramal dengan sungguh-sungguh merupakan pintunya.

Setiap kebaikan yang dilakukan oleh anak yang shaleh, maka tetesan pahala juga mengalir kepada orang tua yang membimbingnya. Itulah investasi para orang tua yang akan dipanen kelak di hadapan Allah subhanahu wa ta'ala.

Hadiah berupa materi juga penting tapi hal itu bukanlah segalanya, karena materi bukan satu-satunya indikator kesuksesan, namun itu hanya bagian terkecil saja dalam kehidupan manusia di dunia.

Hal ini penting bagi kita baik sebagai orang tua maupun sebagai anak agar orientasi hidup dan kehidupan kita tetap terarah sesuai dengan arahanNya.

Semoga Allah menjadikan anak anak kita menjadi anak yang shaleh dan shalehah. Amin

*Penulis adalah pemerhati pendidikan anak. Twitter @Subliyanto. (01/08/2017)

Posting Komentar

0 Komentar