Telusuri

TAK LUPUT DARI TEMBAKAN


(Cerita singkat sebuah perjalanan)

Dalam sebuah kesempatan saya berkunjung ke lereng Gunung Kukusan. Tempat dimana saya pernah belajar 10 tahun lalu.

Kedatangan saya disambut oleh guru saya Ust. Damanhuri yang juga membimbing saya belajar di tempat itu 10 tahun lalu.
Kebetulan para mahasiswa sedang berkumpul di masjid. Nampaknya sedang menyimak persentasi laporan kegiatan.
Sebagai tamu sayapun tak luput dari "tembakan" untuk menyampaikan sepatah dua patah kata sebagai memotivasi bagi santri yang berstatus sebagai mahasiswa.
Saya tidak menolaknya karena saya sudah paham tradisi pondok itu, walaupun hati kecil saya berkata "pesan apa yang harus saya sampaikan kepada adik2 mahasiswa ?"
Singkat cerita saya mulai taujih dengan salam dilanjutkan prolog singkat layaknya kultum, kemudian saya pesankan kepada mereka tentang dua hal, yaitu "jadilah orang shalih dan muslih". Karena keduanya adalah implementasi tugas pokok manusia sebagai 'abdullah dan khalifatullah.
Semoga sedikit perbincangan tadi menjadi motivasi bagi para mahasiswa untuk senantiasa berbuat kebaikan dan menyebarkannya dimanapun dan kapanpun serta bersama siapun ia berinteraksi.
Terimakasih atas sambutan hangatnya. Barakallahu lakum...

* Twitter @Subliyanto 

Posting Komentar

0 Komentar